BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 01 Oktober 2014

Tentang daerah Probolinggo (Budaya, Makanan, Ciri khas)

Perlu kita ketahui bersama Kota Probolinggo adalah kota yang memiliki berbagai macam potensi dasar dalam pembangunan. Hal ini dapat dilihat dari berbagai macam aspek dan potensi yang dimiliki seperti potensi perikanan, pertanian dan kebudayaan sebagai salah satu aset untuk membangun kota Probolinggo. Jika kita berbicara tentang kebudayaan, kebudayaan adalah aset yang sangat peka dan wajib dimiliki oleh setiap daerah karena budaya sendiri adalah suatu hasil dari pola tingkah laku yang didapat dan disampaikan melalui berbagai macam bentuk, seperti melalui kesenian, adat-istiadat bahkan kebiasaan yang sudah mendarah daging dan membentuk suatu kepribadian yang dilakukan baik individu maupun kelompok tertentu.
Hal ini senada dengan Drs. Priyono yang menegaskan bahwa kebudayaan adalah sesuatu yang pasti dimiliki oleh semua daerah, termasuk kota Probolinggo. Pemikiran bahwa kebudayaan sebagai aset pariwisata daerah sangat perlu dimantabkan, karena kebudayaan yang ada tidak sekedar yang tumbuh dari masyarakat, tetapi harus dibangun dikembangkan, Beberapa unsur kebudayaan yang ada di kota ini, hampir semuanya berpotensi menjadi sebuah materi pariwisata. Sebagaimana pengertian kebudayaan adalah sistem tingkah laku yang telah diatur bersama dan didukung oleh pemikiran dan nilai-nilai yang mempunyai beberapa fungsi untuk mengawal dan mengatur kehidupan individu dan masyarakat.
Setelah memahami apa arti sebenarnya dari Kebudayaan maka sudah sepatutnya kita mengetahui Seni dan Budaya apa saja yang sebenarnya sudah dimiliki oleh Kota Probolinggo yang mampu menumbuh kembangkan aspek Pariwisata. Baik dari sisi Kesenian, Tradisi hingga Adat istiadat.
DIkota Probolinggo selain memliki tempat wisata , juga memiliki makanan khas yaitu “NASI GLEPUNGAN”. Nasi glepungan ini terdiri dari :

1. Ikan Asin
2. Tempe dan tahu penyet
3. Lalapan
4. Sambel pedas
5. Nasi glepungan (Sari-sari jagung)
6. Sayur kelor

Probolinggo juga memiliki makanan khas lagi yaitu “Krupuk Ikan Tengiri”. 
Budaya dikota probolinggo juga ada banyak ragamnya yaitu :
1. Jaran Bhodag dan Jaran Kencak 
2. Ludruk
3. Ojung
4. Karapan Sapi Brujung
5. Karapan Kambing
6. Petik Laut 
7. Perahu Hias, dll.
dan ciri khas kota Probolinggo adalah :
1. Batik Khas Probolinggo yang bercorak MANGGUR (Mangga dan Anggur)
2. Tas
3. Sandal
4. Meubel
5. Keramik
6. KerupukIkan Punti
7. Songkok
8. Handycraft, dll.

0 komentar: